Tips Memilih Dongeng Yang Tepat Untuk Anak Usia Dibawah 3 Tahun

Membacakan dongeng anak sebelum tidur untuk buah hati seharusnya dijadikan sebuah rutinitas oleh orang tua setiap harinya. Dengan kebiasaan membaca dongeng bersama bisa memberikan dampak positif pada perkembangan otak si kecil. Meskipun si kecil belum bisa membaca, namun ia akan mengerti apa yang sedang anda sampaikan. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan rutin membacakan dongeng untuk si kecil, seperti meningkatkan kemampuan bicara, daya ingat, dan kemampuan lainnya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini berbagai manfaat dari membacakan dongeng anak untuk si kecil :

  1. Anak bisa mengetahui sedikit demi sedikit tentang baik dan buruk.
  2. Kemampuan berbahasa akan meningkat.
  3. Meningkatkan kemampuan berbicara.
  4. Merangsang imajinasi dan kreatifitas anak.
  5. Meningkatkan kemampuan anak dalam melihat.
  6. Dapat mengenalkan anak dengan benda-benda yang ada disekitar.
  7. Mengenalkan anak dengan budaya membaca sejak dini.

Dengan membacakan dongeng bersama, maka sejak kecil anak akan terbiasa dengan budaya membaca. Hal ini akan menyebabkan ketergantungan terhadap gadget dan tekhnologi lainnya akan berkurang sehingga si kecil dapat terhindar dari segala macam efek negatif penggunaan gadget dan tekhnologi canggih lainnya. Jika sudah terbiasa dengan membaca dan mengamati, lambat laun ketika ia sudah menginjak usia remaja atau dewasa, ia sudah dibekali dengan kemampuan untuk berpikir secara kritis dan kemampuan problem solving yang bagus.

Bagaimana Memilih Dongeng Yang Cocok Untuk Anak Usia Di Bawah 3 Tahun?

Membaca dongeng tidak harus dilakukan pada saat sebelum tidur, kapanpun selama anda dan si kecil ingin membaca atau sedang bosan maka membaca dongeng merupakan salah satu solusi yang paling bagus. Membaca dongeng dapat menstimulasi perkembangan anak dibawah 3 tahun. Berikut ini tips memilih buku cerita dongeng anak yang cocok untuk anak usia dibawah 3 tahun :

  1. Pilihlah cerita yang ringan dan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari;
  2. Pilih buku cerita dengan tokoh yang menarik seperti binatang;
  3. Pilihlah buku cerita yang memiliki gambar dan warna yang menarik;
  4. Pilihlah buku yang bertekstur dan bersuara untuk merangsang kemampuannya;

Pilihlah buku dongeng pop up atau gunakan bara

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>